Doa Nabi Nuh Memohon Diberi Keputusan, Keselamatan dan Pengampunan

Selamat adalah sebuah kondisi terbebas dari bahaya, terhindari dari bencana, jauh dari malapetaka, tidak mengalami kesusahan, tidak kekurangan satu apapun, serta dijauhkan dari perbuatan yang salah. Dari arti selamat tersebut, maka ketika setiap umat muslim memanjatkan doa selamat dunia akhirat, artinya ia sedang memohon kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan di dunia dan akhirat. Arti selamat di akhirat adalah dijauhkan dari api neraka dan dijaga ketika hisab.

Setiap umat muslim tentu menginginkan agar dirinya mendapatkan keselamatan dan dijauhkan dari kejahatan atau keburukan selama di dunia dan akhirat. Untuk mendapatkan keberkahan tersebut, setiap umat Islam tentunya harus mengikuti setiap tuntunan dan larangan agama.

Selain itu, umat Islam pun bisa membaca doa selamat dunia akhirat sebagai upaya menghindarkan dirinya dari keburukan. Masyarakat biasanya mengenal doa agar diberi keselamatan dunia akhirat dengan sebutan doa sapu jagat.

Ini bacaan doa sapu jagat :

“Rabbana, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban naar.”

Artinya :

“Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, lindungilah kami dari siksa neraka.”

Doa sapu jagat ini merupakan lafal doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW. Intensitas yang tinggi menunjukkan betapa pentingnya doa memohon keselamatan dunia dan akhirat ini.

Lantas, apa tujuan doa memohon keselamatan? Simak penjelasannya dibawah ini :

  1. Agar diberi keselamatan dunia dan akhirat
  2. Agar terhindar dari bencana atau malapetaka
  3. Agar selamat dari orang zalim
  4. Agar selamat dari penguasa zalim
  5. Dan agar dijauhkan dari siksa api neraka

Terdapat beberapa doa keselamatan yang bisa kita panjatkan setiap hari, ada doa selamat yang pendek dan ada juga doa keselamatan yang panjang. Namun, semua doa selamat tersebut memiliki arti yang sama yaitu memohon perlindungan dari segala keburukan dunia dan akhirat.

Berikut doa keselamatan yang bisa dipanjatkan lengkap dengan artinya, diantaranya yaitu :

  • Doa Selamat Dunia Dan Akhirat

“Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut. Allahumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab.”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

  • Doa Pendek Memohon Keselamatan

“Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta dzal jalaali wal ikroom.”

Artinya :

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

  • Doa Selamat (Nabi Luth)

“Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya’maluun.”

Artinya :

“Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.”

  • Doa Agar Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir

“Robbanaa laa taj’alnaa fitnatal lil qoumidh dhoolomiin wa najjinaa birohmatika minal qoumil kaafiriin.”

Artinya :

“Ya Tuhan kami, jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang – orang kafir.”

  • Doa Agar Selamat Dari Orang Zalim

“Robbi najjinii minal qoumidh dholimiin.”

Artinya :

“Ya Allah, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang – orang yang zalim itu.”

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *