Inilah Penyebab Rusaknya 1.000 Rumah Lebih Akibat Gempa Banten

Gempa Lebak merusak lebih dari 1.200 rumah. Gempa bermagnitudo 6,1 yang terjadi Selasa siang, 23 Januari 2018. Kerusakan rumah terbanyak bersifat ringan dan mayoritas di Provinsi Banten.

“Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan, seperti jarak dengan sumber gempa, kondisi geologis, dan faktor bangunan warga,” kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Daryono, Rabu, 24 Januari 2018.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Banten, hingga Selasa malam, ada 1.231 rumah rusak. Sebanyak 1.125 di antaranya rusak ringan dan 106 lain rusak berat. Kerusakan itu terjadi di 16 kecamatan yang berada di pesisir selatan Banten, seperti Bayah, Cijaku, dan Malingping. Selain itu, BPBD Lebak melaporkan, warga bernama Bayah meninggal dunia karena kaget oleh gempa.

Gempa yang terjadi pada pukul 13.34 WIB itu muncul dari wilayah Samudra Hindia selatan Jawa. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa itu berpusat di koordinat 7,23 LS dan 105,9 BT. “Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 kilometer arah barat daya Kampung Bojonghaur, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, pada kedalaman 61 kilometer,” ujar Daryono.

Menurut Daryono, dari beberapa faktor yang berdampak kerusakan, utamanya karena pusat gempa berada lebih dekat dengan wilayah Kabupaten Lebak, Banten. “Sehingga percepatan getaran tanah (ground acceleration) atau guncangannya sangat besar di Kabupaten Lebak. Ini dapat merusak,” tuturnya

Faktor lain seperti kondisi geologi. Tanah atau batuan lunak dapat memperbesar atau mengamplifikasi guncangan gempa. “Karena guncangan besar, jadi lebih merusak,” katanya. Kondisi bangunan warga yang kurang tahan guncangan gempa juga menjadi faktor yang menyebabkan kerusakan akibat gempa tersebut.

elain di Banten, BPBD Jawa Barat mencatat adanya kerusakan di Kabupaten dan Kota Bogor, Cianjur, serta Sukabumi. Hingga Selasa malam, total 28 bangunan rusak, yaitu 18 rusak ringan, 1 rusak sedang, dan 9 rusak berat, baik rumah maupun masjid di Sukabumi.

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here