kahiyang ayu
Judi Kartu Online

Militan.co.id – Putri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu hari ini 21/11 bakal resmi bermarga Siregar. Proses Pemberian marga ini disebut dengan penabalan Marga.

Penabalan marga ini akan dilaksanakan di Jalan STM, Medan Johor di kediaman Doli Sinomba Siregar yang merupakan Tulang (Paman) dari suami Kahiyang, Muhammad Bobby Afif Nasution, pada pagi ini sekitar pukul 08.00 WIB.

Acara penabalan marga ini menjadi bagian dari agenda rangkaian pesta adat dan resepsi umuk di rumah keluarga Bobby di Medan.

“Acara esok (Selasa pagi ini) kami sudah siap, tinggal pelaksanaan. Seluruh telah oke. Sudah 98%,” ujar Doli, Senin (20/11).

Lantaran perkawinan antar etnik, doli yang juga menjadi sebagai Anggota DPRD Sumatra Utara ini menyebut pemberian marga dilakukan

“Kebetulan putri (Kahiyang) kita ini bukan dari Tapanuli Selatan. Kami dari Tulang (om)nya Bobby bertanggung jawab memberikan marga. Karena secara adat, istri Bobby harusnya borunya (anak perempuan) Tulang. Ini kami anggap Mbak Kahiyang boru kita,” ujar Doli yang dikenal sebagai kakak laki-laki dari ibunda Bobby.

Pernikahan kahiyangDalam prosesinya, rombongan Bobby-Kahiyang yang di dalamnya ada Kahanggi (sahabat semarga atau sahabat serumpun menurut golongan marga), dan juga keluarga dari Solo akan datang ke kediaman Doli.

“Kami bakal sambut. Kami sampaikan hasrat kami ingin memberikan marga ke Kahiyang Ayu. Jadi tentunya dari seluruh ini bahwa kami secara adat sudah berunding, baik raja adat, Kahanggi, anak boru, kami setuju memberikan marga ke mempelai wanita,” papar Doli.

Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby, yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain biar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur.

Itulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar. Inti acara pada prosesi ini adalah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby (bermarga Siregar) supaya berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.

Sesuai adat Mandailing, apabila seorang mempelai perempuan belum punya marga maka salah satu acara krusial ialah pemberian marga kepada mempelai perempuan itu.

Ada sejumlah alasan pemberian marga, antara lain memaparkan keturunan, perkawinan antar etnik, pengabdian dan jasa serta, penghormatan/penghargaan.

Baca juga :

Cara Presiden Jokowi Jaga Persatuan Lewat Pernikahan Bobby Dan Kahiyang

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda
Loading...

1 COMMENT

  1. [sg_popup id=1]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here