goa bolet

Militan.co.id – Lagi Ditemukan Goa Dan Bukit Keren Di Lamongan, Mau Tahu ?, Setelah pohon Trinil Yang bikin heboh beberapa waktu lalu di daerah Brondong, Lamongan. Kali ini sebuah goa ditemukan lagi di Lamongan, konon katanya gua tersebut adalah tempat persembunyian ketika jaman Jepang, nama goa itu adalah goa Bolet, dan mulai viral di dunia maya.

Gua tersebut ramai dikunjungi setelah beberapa pemuda Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, selfie dan mengupload ke media sosial (Medsos). Lambat laun akhirnya warga baik warga dari Lamongan, Gresik, Mojokerto dan Jombang, bergantian mendatangi gua tersebut.

Dari pantauan detikcom, untuk mencapai gua, harus mendaki bukit sekitar 20 menit atau jaraknya sekitar dua ratus meter ke atas bukit kecil. Meskipun tak terjal lantaran kemiringannya sekitar 40 derajat, tetapi lantaran akses jalan masih berupa tanah, sedikit menguras energi. Belum ada pagar di sebelah kanan dan kiri. Hanya dibatasi tali tambang. untuk memudahkan menaiki bukit tidak besar atau gumuk ini, pengunjung untuk naik dipudahkan pemerintah desa sudah membangun tangga-tangga yang.

kapal atas anginRasa lelah melewati tangga itu terbayarkan saat berada di atas bukit. Dari atas bukit, atau yang oleh masyarakat sekitar disebut gumuk itu, bisa memandang hamparan hijau pepohonan. Di sisi lain bukit, ada lokasi berswafoto yang indah hasil kreasi karang taruna setempat. Tepatnya sebuah perahu di atas awan.

Sementara di atas gua, batu gede yang biasa dijadikan tempat untuk berfoto-foto. Dari batu besar ini juga bisa terlihat pemandangan hijau yang ada di dataran rendah. Mulut gua yang ada di perbukitan ini berada di tepi satu jurang.

Kepala Kampung Sendangharjo, gua yang ada di sekitar wilayahnya konon pernah dijadikan tempat persembunyian tentara Jepang diamini oleh ahmad Kirom. Gua ini belum dilakukan penggalian sebab pihak kampung masih berkoordinasi dengan pihak terkait.

Kirom mengakui ada beberapa tempat lagi yang belum terjamah dan bisa dijadikan objek wisata. Bahkan di sekitar sini juga ada bukit kecil, atau oleh warga disebut gumuk, dengan pemandangan yang bagus. Gumuk itu oleh pemerintah desa dan pemuda karang taruna diubah menjadi lokasi swafoto. Dengan membuat perahu di atas angin.

Goa Dan Bukit Keren Di LamonganKalau di sana kita bisa melihat sejauh mata memandang jika pagi sama sore yang bagus di atas tersebut

Sebenarnya, jelas dia, di lokasi sekitar hutan pohon Trinil ada tiga goa lagi yang berada di gumuk-gumuk sekitar. Tapi, gua-gua ini memang belum dieksplorasi. “Lantaran kami masih berkonsentrasi ke Pohon Trinil ini dulu. Kami juga mesti berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” tidak gelap Kirom.

Guoa itu sebagai lokasi wisata ingin dimanfaatkan perihal senada juga diungkapkan anggota karang taruna Desa Sendangharjo yang mengaku juga. Kedalaman gua, menurut pemuda-pemuda ini, juga tak terlalu dalam.

“Gua ini adalah goa peninggalan dari era penjajahan yang layak untuk dijadikan lokasi wisata baru, warga mengenalnya dengan sebutan Gua Bolet,” terangnya.

 

Goa Dan Bukit Keren Di Lamongan

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here