Wanita arab saudi

Militan.co.id – Akhirnya Wanita Arab Saudi Boleh Nonton Di Dalam Stadion, Sebelumnya Pemerintah Arab saudi melarang wanita untuk mengunjungi stadion olahraga, namun pada tahun 2018 mendatang wanita boleh di izinkan masuk di tiga arena olahraga besar, hal ini diungkapkan langsung oleh otoritas olahraga Umum Arab Saudi pada Minggu 29/10.

Stadion-stadion yang sebelumnya hanya boleh dikunjungi oleh laki-laki yaitu King Fahd Stadium di Riyadh, King Abdullah Sport City di Jeddah, dan Prince Mohammed Bin Fahd Stadium di Dammam, akan memulai persiapan untuk mengakomodasi seluruh keluarga.

Adapun pengaturan tempat duduk yang spesifik tidak dijelaskan dalam pengumuman tersebut. Laki-laki dan perempuan di Saudi biasanya berpisah posisi duduk sesuai tempat yang sudah ditentukan.

Perubahan tersebut adalah keputusan terbaru yang memberi wanita lebih banyak kebebasan. Perempuan mengemudi kendaraan sendiri diperbolehkan oleh sesudah keputusan bersejarah sebelumnya pada September 2017 yang.

Seperti dirilis CNN, Senin (30/10), kerajaan konservatif tersebut menganut beberapa interpretasi paling ketat tentang Islam Sunni di dunia. Di bawah kepemimpinannya, wanita tidak bisa menikah, bercerai, bepergian, mendapatkan tugas atau mengambil jurusan pembedahan tanpa ada izin dari wali laki-laki. Perempuan juga tidak bisa berteman bebas dengan lawan jenis dan mesti memakai abaya gelap lengan panjang di depan umum.

Langkah membuka stadion untuk wanita adalah keinginan ambisius dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman yang masih berusia tiga puluh dua tahun. Sebagaimana tercantum dalam rencana visi untuk tahun 2030.

Visi Salman untuk meningkatkan ekonomi negara itu diletakkan pada sejumlah pilar, termasuk pemberdayaan pemuda, organisasi sosial, dan pemberdayaan wanita. Kerajaan ingin meningkatkan partisipasi perempuan di pasar kerja Saudi dan aspek kehidupan lainnya.

CNN juga melaporkan, untuk pertama kalinya pada September 2017 lalu, perempuan diizinkan memasuki King Fahd Stadium untuk sebuah perayaan memperingati hari jadi ke-87 kerajaan. Para perempuan duduk di bagian tertentu untuk keluarga.

Walau disambut oleh banyak orang, langkah tersebut menarik banyak kritik dari kalangan konservatif yang berpegang pada peraturan pemisahan gender ketat di negara tersebut.

 

Doa Akhir Tahun Hijriah Beserta Artinya

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here