BMKG Terangkan Alasan Cuaca Panas

Militan.co.id – Kekeringan Mulai Gerogoti Gresik, Berikut Daftar Desa Kurang Air, Musim kemarau panjang yang menerpa indonesia nampaknya sudah memberikan efek bagi beberapa wilayah di Gresik. Setidaknya 7 Kecamatan dengan 32 desanya mengalami kekeringan kritis. Dimana Beberapa desa tersebut harus menempuh jarak sekitar 3KM untuk mendapatkan air bersih.

Pernyataan tersebut menurut kajian dari pihak BPBD dan diprediksi berlangsung hingga akhir Desember. Meski saat ini ketersediaan air masih cukup, antisipasi untuk dua bulan kedepan telah dilakukan pemerintah daerah.

Untuk itu pemerintah tengah menormalisasi telaga, waduk dan sambungan pipa PDAM di wilayah tersebut, yang selama ini masih belum maksimal. Begitu juga dengan pengeboran sumur dengan sistem GEO listrik dan GEO membran pada beberapa waduk agak bisa menampung air lebih lama.
Selain itu juga melibatkan para pengusaha, pemerintah dan kesiapan masyarakat untuk ikut serta dengan memberikan bantuan droping air.

Baca juga : Puluhan Desa Di Pasuruan Alami Kekeringan Parah

Kekeringan Mulai Gerogoti Gresik“Desa yang terdampak kering kritis menjadi perhatian khusus kami, upaya jangka pendek adalah membantu droping air bersih ke desa yang membutuhkan. Harapan kami ada pihak lain yang ikut membantu droping air bersih,” terang kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gresik, Abu Hasan, Jumat 7/9/2017.

Sejak tanggal 4 September pihak BPBD telah membantu droping air sebanyak 20 tanki berisi 5000 liter hingga hari ini (7/9). Sementara armada untuk droping air bersih sendiri BPBD hanya memiliki 3 unit yang setiap harinya mampu membantu maksimal tiga droping. Untuk itu pihaknya berharap ada bantuan dari instansi luar seperti perusahaan, dan instansi lainnya.

“Secara teknis setiap hari kami menjadwal desa-desa yang mengajukan permintaan air bersih. Setiap hari ada 6 sampai 7 desa yang kami droping air bersih,” pungkas Minhad, kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gresik.

Baca juga : Kekeringan Landa Wilayah Tuban, Berikut Daftar Desa Kekeringan

Rata-rata warga desa mengalami kering kritis pada air bersih, sedang untuk mencuci dan mandi biasanya memakai sisa air yang ada di embung atau waduk. Meski air sedikit berwarna kehijauan, namun dirasa masih layak. Untuk kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan memasak mereka harus menunggu bantuan seperti halnya bantuan droping air oleh BPBD.

 

Kekeringan Mulai Gerogoti Gresik

Loading...