lamongan kekeringan
Judi Kartu Online

Militan.co.id – Puluhan Desa Di Pasuruan Alami Kekeringan Parah, Setidaknya 12 desa di daerah Pasuruan juga mengalami krisis air bersih atau kekeringan. Bahkan karena hal ini banyak warga mengantre air bersih untuk memasak.

12 Desa tersebut ada di 3 kecamatan. Masing-masing di Kecamatan Lumbang ada 5 desa yakni Desa Lumbang, Desa Karangjati, Desa Watulumbung, Desa Cukurguling dan Desa Banjarrimbo.

Di Kecamatan Winongan terdapat 3 desa mengalami krisis air bersih. Antara lain Desa Jeladri, Desa Kedungrejo dan Desa Sumberejo. Sedangkan di Kecamatan Lekok ada Desa Semedusari, Desa Wates, Desa Pasinan dan Desa Balonganyar.

“Ada tiga kategori, pertama kering, kering langka dan kering kritis. Nah 12 desa itu yang alami kering kritis yang kami suplai air bersih untuk masak dan minum,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana saat dihubungi, Rabu (6/9/2017).

Baca juga : Wanita Di Grati, Kabupaten Pasuruan Tewas Tertabrak Kereta, Begini Kronologinya

Selama dua pekan ini pihaknya rutin menyalurkan air bersih ke seluruh desa yang alami krisis air bersih secara bergiliran. Dua hari sekali setiap desa mendapat dua rit (tangki) air bersih. 6 armada mobil tangki dari BPBD, Cipta Karya dan PDAM dikerahkan.

“Karena statusnya tanggap darurat, maka kami upayakan dan pastikan warga tetap mendapat air bersih terutama untuk masak dan minum,” terangnya.

Pasuruan Alami Kekeringan ParahBPBD Kabupaten Pasuruan juga sudah mengajukan anggaran untuk air bersih ke BPBD Provinsi Jatim. Ia berharap anggaran tersebut segera turun.

“Kami ajukan anggaran untuk sebulan pengiriman air bersih. Rincian anggarannya 2 rit air bersih x 11 desa x Rp 200 ribu x 30 hari,” terangnya.

Langkah yang diambil BPBD tersebut merupakan langkah tanggap darurat. Menurut Bakti, upaya penanggulangan kekeringan jangka panjang sudah dilakukan pemerintah daerah.

“Desa-desa yang kekeringan itu terutama di Lumbang dan Winongan termasuk desa yang mendapat kompensasi dari Proyek Umbulan. SPAM-SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) yang akan dibangun akan mengatasi kekeringan di wilayah tersebut,” terangnya.

Selain itu, kata Bakti, untuk desa-desa di Lekok juga sebenarnya memiliki sumber air. “Hanya saja sumber air tersebut butuh didekatkan kepada warga melalui pipanisasi. Nah itu urusan dinas terkait,” jelas Bakti.

Baca juga : Kecelakaan Mobil Pengangkut Hewan Kurban Di Pasuruan

Pada 2017 ini, ada belasan SPAM dan pengadaan air bersih di Kabupaten Pasuruan. Selain anggaran alokasi APBD, Kabupaten Pasuruan juga mendapatkan bantuan sebesar Rp 40 miliar dari kompensasi Proyek SPAM Umbulan.

 

Pasuruan Alami Kekeringan Parah

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here