Militan.co.id – Penolakan Full Day School Terjadi Di Gresik, Pemuda Ansor Gresik memberikan Protes terhadap putusan pemerintah tentang sistem pendidikan terbaru yakni Full Day School. Program tersebut menurut mereka telah membuat pergerakan Para Kiai di Pondok pesantren semakin tergerus dan emnghilang.

Agus Junaidi Ketua PCGP Ansor Kanbupaten Gresik mengatakan permasalahan FDS sangat tidak cocok dengan Kabupaten Gresik sebab kebanyakan pondok pesantren dan sekolah madrasah diniyah.

Pertimbangan PCGP Ansor Kabupaten Gresi menolak FDS yaitu beban guru sangat berat, mulai merencanakan, melaksanakan, membimbing dan melatih siswa serta masih ada tugas tambahan.

“Dengan banyaknya tugas itu, tugas guru akan melampaui jam tugas yang diatur dalam Undang-undang. Belum lagi sarana dan prasarana yang belum siap,” kata Agus, usai rapat dengan pengurus GP Ansor beserta Banser se Kabupaten Gresik di Kantor PCNU, Jumat (11/8/2017).

Baca juga : Penangkapan Pelaku Pembunuhan Kades Sidojangkung

Penolakan Full Day School Terjadi Di GresikSelain itu, alasan Mendikbud yang mengeluarkan program FDS hanya mempertimbangkan pada siswa di kota, sedangkan anak-anak di desa dan kepulauan harus belajar tentang ajaran agama pada sore hari dengan sekolah di Diniyah.

“Jika full day school diberlakukan, maka sekolah Diniyah akan tutup, sebab anak baru pulang sekolah dan sudah lelah sehingga pelajaran agama akan berkurang,” imbuhnya.

Dari FDS itu, maka anak-anak Indonesia akan kekurangan pengetahuan agama sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari. “Maka yang terjadi adalah perubahan mental pada anak dengan tidak didasari pengetahuan agama yang kuat sehingga yang terjadi adalah krisis budi pekerti,” katanya.

Oleh karena itu, PCGP Ansor Kabupaten Gresik akan mendesak kepada Pemkab Gresik untuk menolak kebijakan FDS dan mengembalikan proses belajar mengajar pada semula.
“Sebelum masyarakat bergejolak, kita ingin Bupati, Gubernur Jatim melarang pemberlakukan full Day School dan mengembalikan proses belajar mengajar pada semestinya,” katanya.

 

Penolakan Full Day School Terjadi Di Gresik

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here