nelayan brondong enggan melaut

Militan.co.id – Nelayan Lamongan Takut Melaut Karena Laut Sedang Marah, Beberapa hari terakhir ini tidak banyak nelayan Lamongan yang berlayar untuk mencari ikan di laut, dikarenakan kondisi ombak yang terlalu tinggi, mereka khawatir tentang hal tersebut.

Menurut Ketua Rukun Nelayan Paciran, Muklisin, kondisi tersebut membuat nelayan kehilangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, karena selama ini hanya menggantungkan hidup dari hasil penjualan ikan hasil menangkap di laut. “Sebagai besar nelayan di sini hanya mengandalkan mencari ikan di laut, sebagai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan untuk beaya sekolah anaknya” kata Muklisin, Rabu (9/8)

Kalau dalam kondisi normal, lanjut Muklisin, masing-masing nelayan di sekitar wilayah Kecamatan Paciran mampu menjual ikan tangkapanya mencapai Rp 1 juta hingga Rp1,5 juta dalam sekali melaut atau miyang.

“Sekali melaut membutuhkan waktu sekitar 10 hari. Sistemnya adalah berkelompok dalam satu perahu. Ikan tangkapnya kemudian dijual secara bersama. Uangnya kemudian dibagi sesuai dengan jumlah nelayan dalam satu perahu tersebut,”ungkap Muklisin. Saat ini, tegasnya, nelayan tidak memiliki penghasilan sama sekali mengingat mereka tidak melaut. “Mereka sekarang hanya mengandalkan tabungan atau menjual perhiasan istrinya untuk belanja sehari-hari mengingat sudah tidak memiliki penghasilan,”urainya.

Kini seluruh nelayan di Pantura Lamongan hanya bisa pasrah sembari menunggu kondisi cuaca normal. Sejumlah nelayan juga memanfaatkan waktu tidak melaut tersebut untuk memperbaiki perahu mereka yang rusak di tepian pantai.“Kita hanya bisa berdoa agar kondisi membaik agar segera kembali menangkap ikan di laut mengingat tabungan sudah menipis” kata salah seorang nelayan. Ahmad berharap.

 

Nelayan Lamongan Takut Melaut

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here