Militan.co.ic – Gerhana Bulan Setengah Akan Terjadi Selama Dua Hari Pada 7 Dan 8 Agustus, Gerhana Bulan adalah fenomena alam yang banyak orang tunggu karena ada beberapa jenis gerhana yang terjadi. Dalam waktu dekat ini akan terjadi gerhana selama dua hari berturut – turut pada 8 Dan 7 Agustus 2017.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), type gerhana selama dua hari itu disebut Gerhana Bulan Setengah (GBS). Fenomena di bulan Agustus ini merupakan yang ketiga kalinya tahun ini.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, melalui Lembaga Falakiyah, mengkonfirmasi bakal adanya fenomena alam berupa gerhana bulan sebagian. Dalam rilisnya yang diterima Redaksi FaktualNews, Lembaga Falakiyah merinci perjalanan gerhana bulan sebagaian pada 7 – 8 Agustus 2017 tersebut.

Fase gerhana bulan sebagian, diawali dengan masa penumbra pada Senin malam pukul 22:50:01 WIB. Awal gerhana bulan sebagian terjadi pada Selasa dinihari, tepatnya, pukul 00:22.55 WIB. Pertengahan GBS terjadi pada 01:20:37 WIB.
“Akhir GBS (gerhana bulan sebagian) diperkirakan terjadi pada pukul 02:18:19 WIB,” demikian disampaikan Ketua Lembaga Falakiyah PBNU, A. Ghazalie Masroeri, dalam siaran pers tertulisnya.

Atas fenomena alam tersebut, Lembaga Falakiyah PBNU mengajak umat islam untuk melakukan pengamatan terhadap peristiwa gerhana bulan sebagian. “Kemudian menyikapinya dengan dzikir, ibadah dan amal sholeh,” tutup A. Ghazalie Masroeri.

 

Gerhana Bulan Setengah

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here