Militan.co.id – Pemuda Tambakboyo Diciduk Polisi Karena Hina Polisi Di Media Sosial, Warga Dusun Tanjang, Desa Pulogede, Tambakboyo, Tuban bernama Asrofi (ASR) harus berurusan dengan polisi karena menebar ujaran kebencian kepada anggota Kepolisian melalui Facebook group Media Informasi Orang Tuban.

Seperti yang disampikan oleh Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, Hate Speech bermula ketika ada akun Facebook atas nama Sholahudin Ali memposting foto Polisi yang sedang menggendong jamaah haji dengan caption “SubhanALLAH semoga Bpk Polisi ini bisa berangkat Hajji juga Aamin”,. Baca juga : Legenda Patung Kongco Di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban

Setelah melihat foto dan caption tersebut, Asrofi yang menggunakan akun Asrofie Jack Dunhil mengomentari dengan kata-kata antara lain “Pencitraan, pada dasare polisi iku as*** yen ono baloong mesti kruyuk’an,”. Asrofi juga menulis kembali “Hhhh sampean werooh endog g*bl**ck lheee. Eoo iku jeroane polisi kui. Dan juga ini Wes banget apale aku nk uoong ngunu aee, Bondo poto di gawe pencitraan. Masio *s*u eoo iso mlebu Masjid pak”.

Kalimat ujaran kebencian tersebut diunggah ke grup di Facebook, Group MIOT malam harinya, sekitar pukul 20.10 WIB. Kemudian tim Cybercrime Satreskrim Polres Tuban langsung mendatangi dan menangkap tersangka di rumahnya.

“Tersangka dan barang bukti sudah kita amankan” Kata Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad.

Untuk mempertanggung jawabkannya, tersangka dijerat UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE pasal 45 ayat 3 jo pasal 27 ayat 3, serta 310 dan 311 KUHP dengan ancaman penjara 4 tahun.

“Tersangka dijerat UU tentang ITE dengan hukuman kurungan penjara 4 tahun,” tambah Kapolres.

Kapolres juga mengingatkan dan menghimbau pada umum, khusnya warga Tuban agar tidak mudah mempublikasi kata-kata atau kalimatyang berisi ujaran kebencian, menghasut, provokatif, dan menghina seseorang ataupun kelompok dengan di media sosial atau media lainnya.

“Karena ada sanksi hukumnya, gunakan media sosial untuk jalin pertemanan dan hal-hal positif lainnya. Bukan untuk sarana mengujar kebencian,” pesan Kapolres Tuban

sumber : kabartuban

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here