Militan.co.id – Kebun Binatang Maharani Lamongan Dapat Koleksi Satwa Baru, Maharani zoo dan Goa Lamongan atau yang kerap di sebut Mazola ini mendapatkan satwa baru yakni seekor bayi kuda nil. Bayi ini baru saja dilahirkan dari indukan yang sudah menetap di Mazola. Sebagai upaya agar bayi binatang asal Afrika tersebut tidak stres untuk sementara petugas melakukan pengawasan secara intens.

Menurut Asisten manager HRD Maharani Zoo dan Goa , Bambang Suworo kedatangan spesies baru hasil dari perkembangbiakan dari induk Kuda Nil bernama Jane dengan pejantan bernama Mujijat. “Kuda Nil yang baru lahir berjenis kelamin jantan tersebut, kita beri nama Boni. Saat lahir memiliki berat sekitar 100 kilogram,”kata Bambang, panggilan Bambang Suwono yang menyebutkan Boni lahir pada Jumat kemarin.

Baca juga : Warga Lamongan Jadi lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut

Saat ini , lanjut Banmbang, kondisi Boni sehat dan aktif menyusu ke induknya. “Maka yang kita lakukan diantarnya adalah memberi vitamin ke induknya mengingat Boni sangat kuat menyusunya,”jelasnya. Sebenarnya, menurut dokter hewan Maharani Zoo dan Goa Lamongan, drh Laily Purnama, Boni merupakan anak ketiga dari induk Kuda Nil bernama Jane dengan pejantan bernama Mujijat.

“ Dua Kuda Nil, kakak Boni , yang lebih dulu telah dikirim ke Batu Secret Zoo. Saat lahir kondisi keduanya sehat dan aktif,” ungkap drh Laily Purnama. Laily, panggilan drh Laily Purnama juga menjelaskan Maharani Zoo dan Goa Lamongan merupakan salah satu tempat konvervasi di Indonesia yang berhasil mengembang-biakan satwa langka.
“Disisi lain, Maharani Zoo dan Goa Lamongan juga mampu melestarikan satwa langka tersebut. Buktinya mampu mengembangbiangkan hewan langka dengan hasil yang masksimal,”terangnya.

Kuda Nil Afrika sendiri kini menjadi langka, karena populasinya di seluruh duania semakin menurun mengingat perkembangbiakanya sangat sulit, apalagi perembangbiakanya dilakukan di luar Afrika tidak semuanya berhasil. Saat ini Maharani zoo dan Goa Lamongan juga menunggu kedatangan bayi satwa afrika lain yakni Jerapah dan Gajah yang saat ini masih dalam kandungan induknya.

 

Kebun Binatang Maharani Lamongan

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here