Klenteng Kwan Sing Bio

militan.co.id – Klenteng Kwan Sing Bio Tertinggi se Asia Tenggara Tuban, Klenteng Kwan Sing Bio Tuban memiliki ikon baru, mereka baru saja merampungkan pembangunan patung Kongco Kwan Kong di halaman belakang klenteng. Patung dengan tinggi sekitar 30 meter ini merupakan patung tertinggi se-Asia Tenggara.

“Patung Kongco Kwan Kong di sini adalah yang tertinggi se-Asia Tengara,” terang Ketua Umum Klenteng Kwan Sing Bio Tubanm Gunawan kepada kabartuban.com, Senin (26/12/2016).

Ia menjelaskan, dibangunnya patung salah satu panglima perang yang hidup pada zaman San Guo (221-269 Masehi) ini hanya untuk menampilkan figur saja dan tidak ada ritual pemujaan.

Baca juga : Legenda Patung Kongco Yang ada Di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban

“Tidak ada ritual apapun di sana, kita hanya menampilkan figur Kwan Kong sebagai lambang tauladan kesatria sejati yang selalu menempati janji setiap sumpahnya,” jelas Gunawan.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan, pembangunan patung tersebut didanai oleh seorang donator asal Surabaya. Donatur tersebut merupakan jamaat Klenteng Kwan Sing Bio sejak tahun 1970.

“Pembangunan patung ini membutuhkan waktu 8 bulan dan menelan dana Rp 1,5 miliar, dana tersebut berasal dari satu donatur saja. Namun donaturnya tidak mau disebutkan namanya,” kata Gunawan.

Ke depan, tambah Gunawan, akan dibangun patung lain dengan tinggi yang sama di halaman belakang Klenteng Kwan Sing Bio. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan atas kebesaran para tokoh.

“Nantinya akan ada tambahan lagi, rencananya kedepan ada Kwan Im dan lainnya. Sekarang kita juga sudah beli tanah yang dibelakang itu untuk perluasan,” tambahnya.

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here