Militan.co.id – Keuntungan Petani Garam Brondong Naik, Karena Harga Garam Melonjak Naik, Sulitnya mendapatkan pasokan garam khususnya di daerah Lamongan ternyata menjadi berkah bagi para petani garam di kota soto ini. Karena saat ini harga Garam perkilo mencapai Rp 3000 perkilo keuntungan para petani garam.

Menurut salah seorang petani garam di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Edy, sebelumnya harga garam hanya berkisar Rp 500 per kilohnya. Bahkan sebelumnya petani garam nyaris putus asa, karena yang didapat tidak seimbang dengan tenaga dan biaya yang dikeluarkan saat proses pembuatan.

Baca juga : Polisi Pasang Jebakan ANeh Disepanjang Jalan Tuban Lamongan

”Setelah bertahun-tahun saat musim panen biasanya harga garam sangat murah yakni Rp 500 perkilo, dan tahun ini petani bisa menikmati hasil yang besar dengan penjualan garam sebesar Rp 3 ribu” kata Edy, Minggu (23/7)

Edy dan petani garam di Kabupaten Lamongan berharap pemerintah terus menjaga harga agar tetap stabil sehingga petani garam terus bergairah. “Apalagi saat ini harga kebutuhan pokok juga mahal. Agar dapat memuni kebutuhan tersebut, kita juga harus mendapat masukan yang cukup juga” tandas Edy.

Sementara dampak garam yang sulit didapat dan harganya mahal, juga membuat harga garam di pasar Sidoharjo Lamongan harganya mencapai Rp 125 ribu per sak.

“Tiga bulan terakhir mengalami kenaikan, semula harga Rp 30 ribu naik hingga Rp 125 ribu per sak,” kata Sukati pengecer garam di Pasar Sidoharjo Lamongan
Selain itu, lanjutnya, stoknya mulai sulit.

Tak jarang pedagangpun kehabisan stok garam, karena kelangkaan. Jika ada garam yang didapat berkualitas jelek. “Barangnya susah, belum ada yang ngirim. Kalau ada barangnya jelek,”tuturnya. Menurut Sukati, saat ini pedagang tidak berani menyediakan banyak garam.

Mereka kawatir jika sudah membeli dalam jumlah banyak kemudian terjadi penurunan harga. “Daripada berisiko rugi, sebaiknya kita tidak terlalu banyak saat menerima kiriman garam dari petani,”pungasnya tegas.

 

Keuntungan Petani Garam Brondong Naik

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here