Militan.co.id – Cara Membuat Hp Android Support OTG Tanpa Root, OTG atau On The Go ono adalah salah satu spesifikasi khusus pada android yang memungkinkan Hp Android menjadi host terhadap perangkat apapun seperti Flashdisk, Harddisk yang dikoneksikan dengannya.

Dengan adanya fitur OTG, perangkat Anda akan bekerja layaknya sebuah komputer mini. Dimana Anda bisa dengan lelusa mentranfser, merubah,mengedit dan menghapus file-file yang ada pada flasdisk dan hardisk tanpa melalui komputer.

Tidak hanya transfer data, Anda yang hobi maen game bisa memanfaatkan fitur OTG agar bisa memainkan game kesayangan dengan gamepad. Keren kan…

Nah, untuk melakukan itu semua, dibutuhkan tiga syarat yaitu:

-Ponsel atau tablet Anda harus support OTG.
-Adanya kabel OTG.
-Dan sudah terinstal aplikasi manager.

Dari tiga syarat tersebut, syarat pertama yang biasanya menjadi kendala, karena tidak semua perangkat Android sudah support OTG. Hanya Android kelas menengah ke atas saja, sedangkan kelas menengah ke bawah harus gigit jari sebab tidak adanya fitur keren itu.

Baca juga : Daftar HP Xiaomi yang mendapat update MIUI 9

Jika Anda tetap menginginkan perangkat Android bisa melakukan transfer file melalui OTG, sedangkan hardwarenya tidak mendukung OTG, maka mau tidak mau Anda harus melakukan root pada ponsel.

Cara Membuat Android Support OTG Tanpa Root

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk melakukan transfer file menggunakan OTG, salah satu syaratnya adalah perangkat Anda harus sudah support transfer via OTG. Nah, jika memang Anda memiliki ponsel tersebut, maka langkah selanjutnya adalah membeli kabel USB OTG.

Cara membuat Android yag tidak support OTG menjadi support OTG akan dijelaskan dibawah.

Harga kabel ini tidak lebih dari 50 ribu. Anda bisa membelinya di konter hp. Setelah itu pada ponsel harus sudah terinstal aplikasi File Manager.

Setelah semuanya terpenuhi, ikuti langkah berikut untuk mulai melakukan transfer file melalui kabel OTG.

Pertama colokan salah satu ujung kael OTG pada flasdisk atau hardisk.
Setelah itu, colokan juga ujung satunya pada smartphone Anda.
Maka akan tampil pada layar smartphone Anda .

Setelah itu buka file manager. Jika Anda memakai aplikasi ES File Explorer, masuk ke Local dan pilih USB Drive A untuk memulai memanage isi flasdisk/hardisk.
Jika ternyata pada status bar tidak muncul notifikasi yang artinya flasdisk/hardisk Anda tidak terdeteksi, maka diperlukan aplikasi tambahan.
Aplikasi tersebut dinamakan StickMount yang bisa diunduh gratis di PlayStore.
Instal dan buka lalu pilih Mount.
Cara Membuat Android Support OTG

Jika sudah tahu bahwa perangkat yang Anda gunakan secara hardware tidak mendukung OTG, maka cara ini bisa dicoba agar Android anda bisa support OTG.

Cara Membuat Hp Android Support OTGPastikan Android sudah dalam keadaan ROOT.
Kemudian Anda harus unduh dan instal aplikasi USB Host Cheker di Play Store

Setelah diinstal dan dijalankan, maka akan muncul pesan “It appears that USB Host supports is not enabled on this device. A fix attempt can be performed”.

Itu artinya aplikasi tidak menemukan file yang dibutuhkan agar Android bisa support OTG. File itu bernama android.hardware.usb.host.xml. Maka anda perlu membuat file tersebut.

Gunakan notepad dan copy-kan kode di bawah ini.
<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?><permissions><feature name=”android.hardware.usb.host” /></permissions>

Kemudian simpan file dengan nama android.hardware.usb.host.xml

Selanjutnya pindahkan file tersebut ke ponsel dan taruh di folder etc/permission. (Gunakan file manager agar lebih mudah)

Next, buka kembali aplikasi USB Host Chek dan pilih Re-check. Maka Anda akan melihat semuanya tercentang hijau yang artinya smartphone Anda sudah mendukung OTG.
Sekarang coba masukan flashdisk dan colokan dengan kabel OTG.
Baca yuk: 6 Cara Melihat Password Wifi di Android Tanpa Root dan Sudah Root

Bagaimana apakah sudah berhasil? Jika belum, bisa ditanyakan pada kolom komentar.

Baca juga : Pemutar Musik Android Terbaik 2017

Sekali lagi cara membuat Android support otg tanpa root itu hanya bisa dilakukan pada perangkat yang memang secara hardware sudah mendukung OTG. Jika belum, maka perlu dilakukan rooting.

 

Cara Membuat Hp Android Support OTG

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here