militan.co.id – Ibu Berpuasa Ketika Menyusui, Apakah Mempengaruhi Kualitas ASI ?, Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, dimana Semua Uamt Islam menjalankan Ibadah Puasa, tanpa terkecuali termasuk ibu yang sedang menyusui.

Meski Allah memberikan keringanan bagi ibu menyusui dengan membolehkan berpuasa di luar Ramadan atau dengan membayar fidyah namun tidak sedikit ibu menyusui memaksakan diri untuk tetap berpuasa.
Bulan puasa memang menjadi ladang amal untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Tidak sedikit ibu menyusui yang berkeyakinan memiliki kemampuan untuk tetap bisa berpuasa.

Aira misalnya. Ibu dari bayi 10 bulan ini mengaku akan tetap menjalani ibadah puasa. Ia yakin akan kuat menjalani puasa dan anaknya tidak akan kekurangan ASI.
“Tahun lalu karena hamil saya ngak puasa sama sekali. Sayang dong kalau tahun ini tidak puasa lagi. Yakin-yakin saja Insya Allah bisa,” ungkapnya.

Konselor ASI dan MPASI dr Anastyalia mengatakan menyusui saat berpuasa bisa dilakukan. Namun asupan gizi ibu menyusui harus terpenuhi dengan baik.
“Meski menyusui tetap bisa berpuasa tapi bagi yang mampu,” katanya. Ibu Berpuasa Ketika Menyusui

Dijelaskan dr Anatasyalia sehabis menyusui atau pumping biasanya ibu-ibu akan merasa lapar. Hal ini karena proses menyusui itu juga membakar kalori.
“Oleh sebab itu mesti mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dalam jumlah yang cukup,” tandasnya.

Perbanyak Konsumsi Air
KUNCI utama sukses berpuasa kalau masih menyusui adalah pasokan cairan yang mencukupi. Dokter yang berpraktek di Klinik Inti Medika ini mengatakan pada dasarnya kualitas Air Susu Ibu (ASI) saat berpuasa atau tidak, sama saja. Namun diakuinya, bisa jadi kuantitas ASI berkurang.
“Disarankan mengonsumsi air yang cukup,” kata dr Anatasyalia.

Dibeberkannya, pada saat berbuka hingga makan sahur konsumsi minum air bagi ibu menyusui sebaiknya sekitar tiga liter. Karena bahan pokok ASI adalah air maka kebutuhan akan cairan harus mencukupi.
“Selain air putih, juga disarankan banyak makan sayuran dan buah-buahan Karena buah-buahan juga mengandung banyak Air,” ujarnya.

Terakhir, perhatikan waktu istirahat. Ibu menyusui mesti bahagia dan relax. Dengan memiliki tidur dan istirahat yang cukup dan berkualitas maka tidak menutup kemungkinan ibu-ibu bisa sukses berpuasa aaat menyusui. Ibu Berpuasa Ketika Menyusui

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here