SHARE
Hari Pertama UNBK SMP

militan.co.id | Hari Pertama UNBK SMP 2017: Semoga Berjalan Dengan Lancar Nasionla, Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs dimulai, Selasa (2/5). Khusus Kota Surabaya, 100 persen lembaga SMP melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Berbagai persiapan sudah dilakukan agar UNBK berjalan lancar. Hari Pertama UNBK SMP

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Ikhsan mengatakan, persiapan sudah dilakukan demi kelancaran UNBK SMP. Baik sarana prasarana maupun help desk juga akan dimonitor langsung oleh para proktor utama di Posko UNBK di kantor Dispendik Surabaya. Berdasar data Dispendik Surabaya, 41.872 siswa SMP yang akan melaksanakan ujian. Ada 374 SMP dan MTs se-Surabaya yang menyelenggarakan UN. Pelaksanaan ujian nasional akan 100 persen dilakukan dengan berbasis komputer.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dispendik Surabaya Sudarminto menjelaskan, sinkronisasi sudah dituntaskan sesuai jadwal dari pemerintah pusat. Yakni, pada Jumat (28/4) dan Sabtu (29/4). Adapun Minggu (30/4), kata dia, dituntaskan sinkronisasi untuk server cadangan. ”Sudah tuntas semua,” ujar Sudarminto.

Persiapan secara infrastruktur dan psikologis siswa juga sudah dilakukan. Sudarminto mengatakan, persiapan secara psikologis bekerja sama dengan para guru di sekolah. Tahun sebelumnya sudah dilaksanakan UNBK untuk SMP. ”Tahun ini juga lebih siap, apalagi sudah didahului USBN berbasis komputer,” jelasnya. Siswa juga sudah dibekali dengan pemantapan ujian melalui tryout.
Adapun help desk tetap berada di posko UNBK di Dispendik Surabaya. Sudarminto menyebut, ada proktor inti lima wilayah yang stanby. Ada juga 75 proktor di wilayah subrayon yang juga saling berkoordinasi. Proktor di masing-masing sekolah yang juga sudah disiapkan dengan baik.

Koordinasi demi kelancaran UNBK juga akan dioptimalkan. Terutama koordinasi melalui media sosial telegram yang diharapkan bisa lebih efektif. Dalam grup telegram ada banyak pihak yang terlibat. Selain kepala sekolah dan proktor, ada juga tim dari Puspendik, PLN, dan Telkom. Harapannya, kemungkinan terjadinya trouble bisa langsung diatasi lebih cepat.

Bagi siswa yang akan melaksanakan ujian, Sudarminto berpesan agar menjaga kesehatan. Belajar yang baik dan mengatur ritme belajar. ”Supaya jangan terlalu lelah,” katanya. Terpenting, siswa harus percaya diri dan yakin bisa melaksanakan ujian dengan baik. ”Bapak ibu guru sudah mempersiapkan dengan baik, jadi jangan khawatir,” katanya. Dia juga meminta agar siswa tidak terkecoh dengan hal-hal yang bisa merusak konsentrasi selama ujian berlangsung.

Sementara itu, Kepala SMPN 19 Shahibur Rachman mengatakan, menjelang ujian, siswa sudah dipersiapkan dengan baik. Di antaranya melalui program akademik maupun istigosah. Ada juga program parenting. Yang tidak kalah penting adalah program refresh untuk anak. ”Anak-anak yang sudah tryout, bimbel, pemantapan, perlu refresh,” katanya.

Program refresh itu dilakukan di sekolah. Caranya dengan nonton bareng (nobar) film-film motivasi. Para siswa kelas IX juga membawa makanan. ”Nobar tiap-tiap kelas, siswa milih film, memanfaatkan LCD di kelas,” tuturnya.

Hal itu dilakukan agar siswa tidak tegang. Sehingga, film-film yang ditonton juga bukan film bergenre horor atau action. Melainkan bisa film motivasi ataupun film komedi. Selain untuk menjalin keakraban antarsiswa, kegiatan itu juga agar siswa tidak tegang. ”Tapi bisa menumbuhkan semangat anak,” katanya.

Tak kalah menarik adalah kegiatan motivasi cita-cita. Kegiatan itu adalah motivasi untuk anak yang ingin masuk ke SMA/SMK yang diinginkannya. Siswa bisa datang ke sekolah yang dicita-citakan dengan diantar oleh orang tua. ”Mereka bisa selfi-an, lalu diupload, bisa jadi motivasi. Itu juga sudah kita sampaikan saat program parenting,” tuturnya.

Bagi siswa yang akan ujian, Rachman mengimbau agar siswa menjaga kesehatan. Jangan terlalu serius belajar sehingga justru menyebabkan sakit. Untuk menghindari itu, pihaknya juga mengajak siswa minum susu bersama. ”Itu program UKS, simbolisasi supaya siswa menjaga kesehatan,” terangnya.

Untuk ujian, ada empat server utama, dan satu server cadangan yang sudah disiapkan. Sebanyak 186 komputer client akan digunakan ujian untuk tiga sesi sebanyak 437 siswa reguler di SMPN 19. Sedangkan untuk SMP Terbuka 19, ada 60 siswa yang akan ujian. Ada satu server utama dan satu server cadangan, serta ada 20 komputer client yang siap digunakan.

sumber:beritametro

Hari Pertama UNBK SMP 2017: Semoga Berjalan Dengan Lancar

loading...