SHARE

militan.co.id – Profil Dan Biografi Bambang Gentolet Srimulat, Bambang gentolet sebuah nama lama dalam dunia komedi, dia merintis karir melawaknya sejak masih duduk di bangku SMP kelas satu di yogya. Dia tidak sendiri bersama dengan kawannya Junaedi. Pas menjelang peristiwa G 30 S PKI pada tahun 1965, merupakan langkah sukses buatnya. Seputar tahun 1967 ia ngelayap ke Tegal. Kemudian kecantol di grup lawak Lokaria.

Menurut Bambang Gentolet, grup Lokaria justru asalnya dari Tegal. Dari Tegal main keliling Jawa Timur, dan lebih banyak menetap di Kota Malang.
Di Lokaria itu Bambang bertemu dengan Darussalam, Neti Herawati dan juga pelawak top lainnya.
Tahun 1969 Bambang yang kini dikaruniai dua orang anak itu resmi keluar Lokaria. Pindah ke grup Srimulat di Surabaya. “Di Taman Hiburan Rakyat Surabaya kami sempat saingan. Karena tahun 1972, Lokaria mainnya dekat panggung Srimulat. Malahan pimpinan Lokaria pernah meimnta saya membantu. Tapi saya gak bersedia, sebab Srimulat sendiri sudah kuwalahan. Apalagi saya sudah terikat kerja dengan Pak Teguh ” kata Bambang.
Bambang bilang, melawak (bidang yang digeluti) bukan merupakan kompensasi dari kegagalan memasuki tes marinir KKO. Tapi sebenarnya memang sejak dari kecil ia sudah punya kebiasaan melucu. Tatkala itu ia sering juga menonton pertunjukan kesenian, terutama dagelan. “Sampai dibelain tidur di alun-alun segala,” kenangnya.
Profil Dan Biografi Bambang Gentolet
Pengalaman melawak jelas segudang. Dukanya juga banyak, pernah tidak dibayar honornya, dan Bambang terpaksa menjual baju yang dipakai kepada tukang loak. “Wah itu pengalaman yang ndak bisa saya lupakan sampai sekarang.
“Bayangin deh mas, masak habis main dibiarin terlantar. Ditinggal kabur saja.” Tutur bambang.
Bambang lahir di Yogyakarta. Hari ulang tahunnya 5 September 1941.
Pendidikan : sekolah Menengah Pertama.
Alamat rumahnya : Perumnas Manukan 6-1/7 Tandes Surabaya. Sumber Majalah Hai – Edisi September 1985. Profil Dan Biografi Bambang Gentolet
loading...