Pisang Mas Kirana

militan.co.id | Pisang Mas Kirana, Ikon Baru Kabupaten Lamongan Kecamatan Kalitengah Lamongan selama ini dikenal sebagai kawasan langganan banjir. Kini, Lamongan terus berbenah dan mencoba bangkit dengan membuat ikon baru, yakni pisang mas Kirana. Dan kali ini Kecamatan Kalitengah sedang memulai pilot project penanaman 5 ribu pohon pisang mas Kirana.

Camat Kalitengah, Suwignyo mengatakan, pencanangan Gerakan Tanam 5.000 Pohon Pisang Mas Kirana ini dilakukan di Desa/Kecamatan Kalitengah di lahan bengkok Desa Kalitengah seluas 0,5 hektar. Lokasi penanaman ini, kata camat, yang akan menjadi pilot project. Gerakan tanam pisang mas Kirana ini akan diikuti penanaman pissang mas Kirana di 20 desa di Kecamatan Kalitengah.

“Kami menginginkan Kecamatan Kalitengah mempunyai Icon atau branding tertentu, dan kami memilih pisang emas Kirana ini sebagai ikon baru bagi Kalitengah selain juga bisa mengangkat taraf ekonomi warga,” kata Suwignyo kepada wartawan, Kamis (27/4/2017).

Dia menjelaskan gerakan tanam 5.000 Pohon pisang mas Kirana, ini diharapkan menjadi andalan sesuai program pemerintah saat ini One Village One Produk (OVOP). Bahkan, untuk mewujudkan tekad menjadikan pissang mas Kirana menjadi produk unggulan Kecamatan Kalitengah, camat mendatangkan motivator pertanian dari Joglo Tani Yogyakarta, T.O Suprapto.

“5 Ribu pissang mas Kirana ini adalah langkah awal, bila berhasil maka tahun depan akan kami kembangkan lagi,” terangnya.

Untuk mencapai keberhasilan, lanjut Suwignyo, pihaknya sudah membuat sejumlah strategi pengembangan Pissang Mas Kirana. Salah satunya adalah mendatangkan secara langsung bibit pissang mas Kirana secara swadaya dari Lumajang dan juga menyediakan lokasi pilot project penanaman pisang.

“Kami harapkan satu tahun ke depan, yaitu awal tahun 2018 pissang mas Kirana yang ditanam akhir April 2017 ini sudah bisa dirasakan hasilnya,” harapnya.

Program pengembangan pissang mas Kirana ini adalah program swadaya dari Camat Kalitengah, UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, koramil, polsek, dan Kepala Desa se-Kecamatan Kalitengah. Acara gerakan tanam 5.000 pohon pissang mas Kirana Kecamatan Kalitengah ini, diisi penanaman secara simbolis oleh sejumlah pihak dan dihadiri tratusan warga.

Source: detikcom

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here