militan.co.id / xtrememusic – Kenapa sebagian besar musisi metal berambut gondrong ?, Tidak semua memang namun sebagaian besar musisi metal underground sebagian besar memiliki ciri khas yakni rambut gondrongnya, hal ini tidak sering terlihat di genre musik lain macam Hardcore, Punk atau bahkan pop dan Rock. Menurut sejarah style gondrong ini diawali ketika genre Grunge Seattle mulai naik daun. Nah mau tahu gak kenapa para musisi dan metalhead ini gondrong, baca yuk :

Identitas budaya
Kecenderungan modern rambut panjang untuk pria mungkin dapat ditelusuri kembali ke tahun 60-an. Para Hippy ingin memilih untuk berbeda dengan penampilan masyarakat yang “lurus” dengan memanjangkan rambut mereka sebagai cara untuk mengidentifikasi diri mereka sebagai countercultural dan berbeda, sekaligus untuk menentang dan menyinggung pihak “kotak”. Hal ini jadi sebuah referensi seperti pada lagu “Almost Cut My Hair” milik Crosby, Stills, Nash & Young. Rambut panjang berikutnya sudah menjadi sebuah identitas kaum dengan cita-cita hippy/counterculture/free love, dll. Mungkin dari sini asal muasal musisi berambut panjang?

Mode
Ketika rocker berambut panjang disebut mode, begitu juga dengan rambut panjang. Band mencerminkan penonton dan penonton mencerminkan “mereka”. Berbeda dengan penyanyi pop, yang umumnya lebih mengaja citra dan penampilan daripada musisi yang tidak terlalu komersil. Kebanyakan musisi berambut panjang pada saat itu adalah musisi dari band ber-genre rock dan metal.

Berhemat
Menjadi musisi bukanlah bisnis yang menguntungkan bagi setiap musisi. Jika seorang musisi miskin, hidup touring nomaden, potongan rambut mungkin bukan prioritas. Bagi beberapa musisi mungkin dengan tidak memotong rambut jadi salah satu cara untuk “menghemat”.

 

 

 

Kenapa sebagian besar musisi metal berambut gondrong ?

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda