Ogoh-ogoh

militan.co.id | Warga Padati Kenjeran Untuk Melihat Ogoh-ogoh Kenjeran, Ribuan warga Surabaya memadati ruas jalan menuju Pura Segara di Kenjeran, Surabaya, Senin (27/3/2017) siang.

Sepanjang ruas jalan di area Pantai Kenjeran itu dipenuhi warga sejak pukul 14.00. Mereka tak sabar ingin melihat sosok Ogoh Ogoh, sosok patung perlambang kejahatan dan angkara murka.

Meski sudah menanti di sana sejak pukul 14.00 WIB, namun baru pukul 16.00 WIB pawai ogoh-ogoh dimulai, setelah Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini tiba untuk melepas ogoh-ogoh yang selanjutnya akan dibakar usai diarak berkeliling.

“Hi Ngeri juga sosok Buta itu. Tapi lucu juga kalau beriringan begini,” reaksi Winda, salah satu warga Surabaya yang menunggu di area Pura.

“Lucu karena ada buta kecil seperti monyet. Seperti kethek ogleng,” reaksi warga lain yang menonton.

Pawai Ogoh Ogoh adalah bagian dari prosesi Tawur Kesanga, ritual melenyapkan roh jahat yang digelar sehari menjelang Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1939.

Sebanyak 11 Ogoh-Ogoh diarak keliling Kampung Kenjeran. Start pawai dimulai dari Pura Kenjeran, kemudian menuju Pantai Mentari melintasi Jembatan Suroboyo dan kembali ke Pura.

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here