Buruh Pabrik Karton

militan.co.id | Ini Aalasan Buruh Pabrik Karton Mogok Kerja Gresik, Puluhan buruh PT Sinar Garuda Makmurindo, yang berlokasi di Jalan Raya Kedamean Gresik, melakukan aksi mogok kerja, Senin (6/3/2017). Mereka menuntut agar pihak perusahaan memberikan hak-hak normatif para buruh seperti BPJS dan upah sesuai UMK. Buruh Pabrik Karton

Aksi mogok kerja yang dilakukan puluhan buruh ini merupakan puncak kekesalan buruh terhadap pihak perusahaan yang memproduksi karton tersebut. Suyono (47), salah seorang buruh yang ikut aksi mogok kerja mengatakan bahwa aksi mogok kerja terjadi sejak 1 Maret 2017.

“Aksi buruh semakin jadi dipicu adanya pemutus hubungan kerja (PHK) sepihak yang dilakukan oleh perusahaan terhadap sekitar 50 orang. Sebelum aksi demo teman-teman pekerja telah mengusulkan tuntutannya pada pihak perusahaan, agar memberikan gaji sesuai UMK,” kata Suyono.

Hal yang sama dikatakan oleh Shinta (25), salah seorang pekerja yang ikut dalam aksi tersebut. Menurut dia, pihaknya akan terus melakukan aksi hingga pihak perusahaan memenuhi tuntutan yang diajukan pekerja. Buruh Pabrik Karton

Sementara Wakil DPD SPN Jawa Timur Sungkowo Ahmad Rahmadani, yang ikut memantau aksi buruh di depan pabrik pembuat karton itu menyesalkan sikap perusahaan yang telah melakukan PHK sepihak. Harusnya, kata dia, tuntutan para buruh bisa dirundingkan terlebih dahulu.

“Dan ketika buruh menuntut hak-haknya seperti BPJS serta gaji sesuai UMK, itu sangat wajar, dan tidak perlu dianggap sebagi musuh sehingga ada PHK sepihak,” ucap Rahmadani.

Dia berharap Disnaker Pemkab Gresik turun tangan menyelesaikan persialan buruh di PT Sinar Garuda Makmurindo. Aksi buruh di depan pabrik tempat kerjanya juga sempat membuat Jalan Raya Kedamean macet.

Sementara anggota Polsek Kedamean menjaga ketat jalannya aksi buruh supaya tidak menganggu ketertiban dan kelancaran para pengguna jalan lainnya. Buruh Pabrik Karton

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here