Kondisi Ketinggian Air Bengawan Solo

militan.co.id – Kondisi Ketinggian Air Bengawan Solo Terus Naik, Rumah Warga Bojonegoro Sudah Mulai Terendam, Kondisi ketinggian air bengawan solo nampaknya terus bertambah dan semakin tinggi, bahkan beberapa perkampungan warga di Bojonegoro sudah ada yang kemasukan air. Kondisi sekarang sudah memasuki siaga kuning, Hal itu dibuktikan dengan terus naiknya TMA (Tinggi Muka Air) Bengawan Solo pada papan duga TSB (Taman Bengawan Solo), utara Pasar Kota Bojonegoro yang berada di angka 14.05 pileshall.

Sebelumnya pada Kamis (02/03/2017) sekira pukul 24.00 wib papan duga TBS berada di angka 13.00 pielschal berarti masuk siaga hijau. Setelah itu, luapan air Bengawan Solo di TBSS Bojonegoro mengalami kenaikan pada Jum’at (03/03/2017) sekira pukul 06.00 wib angka di papan duga TBS sudah berada di angka 13.78 pielschal. Pada pukul 12.00 wib, angka di TBS masuk pada 13.93 pielshal. Update terakhir pada pukul 13.00 wib, papan duga di TBS berada pada angka 14.05 pielschal. Dengan demikian, status banjir di Bojonegoro naik menjadi siaga kuning atau siaga 2.

Data terakhir dari Kantor UPT PSDA Wilayah Sungai Bengawan Solo, papan duga di TBS mencapai angka 14.08 pielshal. Artinya, tren air masih mengalami kenaikan sejaka masuk siaga hijau tadi malam hingga sore ini sudah masuk siaga kuning.

Pj Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Bojonegoro Andik Sujdarwo, sudah menyampaikan prediksi akan datangnya banjir tersebut sejak Rabu (01/03/2017) lalu. Termasuk dengan menyampaikan kabar tersebut kepada para camat yang berada di wilayah yang biasa menjadi langganan banjir Bengawan Solo.Kondisi Ketinggian Air Bengawan Solo

“Kami sudah sampaikan kepada para Camat Se-Kabupaten Bojonegoro terutama yang berada di daerah banjir, agar merekan membantu untuk mensosialisasikan potensi kenaikan cepat TMA Bengawan Solo ini kepada masyarakat melalui jajaran Pemerintah desa (Pemdes) di wilayah terdampak,” tegas pria yang akrab disapa Mas Andik itu.

Ditambahkannya, selanjutnya seluruh aktifitas di Bengawan Solo, yakni jasa penyeberangan, nelayan dan lain-lain dihimbau agar selalu memperhatikan aspek keselamatan.

Sementara itu, Gimun (43) warga Lorong VI Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro Kota, mengatakan, bahwa banjir sudah datang dan sudah menggenangi halaman rumahnya.

“Banjir whis masuk halaman rumah dengan ketinggian air sekitar 5-10 centi meter. Tapi belum masuk ke rumah warga yang menjadi langganan banjir lorong I, III dan VI Kelurahan Ledok Kulon. Nggak tahu, kalau naik terus ya segera masuk ke dalam rumah,” tegasnya. Kondisi Ketinggian Air Bengawan Solo

Jangan Lupa Bagikan Informasi Ini Ke Saudara Atau teman Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here